•  

    Phone / Fax

    031-8538442, 031-8538431

    Fax : 031-8538431

  •  

    Jam Kerja

    Senin-Jum'at : 07.00 - 16.00

    Sabtu              : 07.00 - 12.00

Miliki Akidah dan Akhlak Sekuat Pondasi dengan Tiga Amalan Ini

Salah satu sesi Pondasi SDM 3 Ikrom Waru Sidoarjo. (Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO - Shalat, membaca Alquran, dan berdoa kepada Allah adalah tiga hal yang dapat menjaga akidah dan akhlak. Ini disampaikan Ustadz Muhammad Nasikin, salah satu guru SD Muhammadiyah (SDM) 3 Ikrom Wage, Sidoarjo, dalam acara Pondasi, Jumat-Sabtu (26-27/1/18).

Kepala Urusan Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (Kaur Ismuba) ini menjelaskan Nabi Muhammad diutus oleh Allah untuk menyempurnakan atau memperbaiki akhlak manusia.

"Shalat adalah pembeda antara orang muslim dan kafir serta amalan yang dihisab pertama kali oleh Allah pada hari kiamat. Bacalah Alquran karena akan memberi syafaat dan cahaya di dalam kubur. Berdoalah kepada Allah dengan sungguh-sungguh karena Allah senang kepada orang yang selalu meminta kepadaNya," tuturnya dalam acara Pondok Semalam Anak Ikrom (Pondasi).

Pria yang biasa disapa Ustadz Nasikin itu memberikan apresiasi kepada beberapa siswa yang rajin shalat dan target hapalan Juz Amma-nya tercapai. Siswa yang tuntas hapalan adalah Rania Zahra Salsabila, Favian Dary Putra Arditya, Ramya Kinanti, dan Akhwan Wahyu Wicaksana.

Sedangkan yang rajin shalat adalah Melvin Irsyad, M Wildan Alifiansyah, dan Laksfito Dwiki Rinardho.

"Semoga ini menjadi motivasi kita semua, hapalannya semakin kuat dan shalatnya semakin rajin. Dan apa yang Ustadz berikan tidak seberapa. Karena sesungguhnya hadiah yang paling besar adalah hadiah dari Allah, yaitu pahala berupa yang surga," ujarnya di hadapan seluruh siswa kelas 5.


Acara Pondasi dimulai tepat pukul 13.00 dan dibuka oleh Kepala Sekolah Ustadzah Sonah SPd. Sebelum membuka acara, dia melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana.

Dia menyuruh anak-anak berkumpul dan berbaris rapi sesuai kelompok kemudian memanggil salah satu anggota kelompok. Mereka diberi beberapa kalimat dan harus diperagakan di depan kelompok lain kemudian menebak kalimat sesuai dengan yang diperagakan.

Ada siswa yang tertawa karena teman yang memperagakan terlihat lucu. Ada yang sangat serius menebak kalimat yang sesuai dengan peragaan tersebut. Dan ada juga yang bersorak gembira sambil melompat dan mengangkat tangan setelah berhasil menjawabnya.

Akidah kuat, akhlak hebat! (TS)

Dikutip dari : https://pwmu.co/51753/01/29/miliki-akidah-dan-akhlak-sekuat-pondasi-dengan-tiga-amalan-ini/