•  

    Phone / Fax

    031-8538442, 031-8538431

    Fax : 031-8538431

  •  

    Jam Kerja

    Senin-Jum'at : 07.00 - 16.00

    Sabtu              : 07.00 - 12.00

Aneka Acara Maulid Digelar SDM 3 Ikrom

Aneka lomba sambut Maulid digelar SDM 3 Ikrom. Pandemi tidak menyurutkan SD Muhammadiyah (SDM) 3 Ikrom Wage memperingati Maulid Nabi Muhammad saw.
Aneka Acara Maulid Digelar SDM 3 Ikrom. Talkshow ini diisi oleh Ustadz Heru Kusumahadi Lc MPdI (Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO – Aneka Acara Maulid Digelar SDM 3 Ikrom. Pandemi tidak menyurutkan SD Muhammadiyah (SDM) 3 Ikrom Wage memperingati Maulid Nabi Muhammad saw.

Ketua Panitia Maulid SDM 3 Ikrom Wage Kecamatan Taman Sidoarjo Ika Hidayatul Mukarromah SPd menyampaikan sekolahnya akan mengadakan berbagai lomba meskipun dengan cara yang berbeda.

“Ada berbagai lomba yang akan diikuti oleh kelas I – VI. Diantaranya lomba tahfidh, menyanyi kisah nabi Muhammad, kolase kaligrafi, menulis kisah nabi Muhammad, pildacil dan juga membaca surat al-Ahzab ayat 20-21. Lomba dilaksanakan Senin-Kamis (2-5/11/2020),” ungkapnya.

Kelas I, sambungnya, mengikuti lomba tahfidh surat al-Fatihah dan menyanyi kisah nabi Muhammad. Kelas II mengikuti lomba tahfidh surat al-Zalzalah dan menyanyi kisah nabi Muhammad.

“Kelas III mengikuti lomba tahfidh surat al-Bayyinah dan kolase kaligrafi. Kelas IV mengikuti lomba tahfidh surat al-A’la dan kolase kaligrafi,” ujarnya.

Kelas V, lanjutnya, mengikuti lomba menulis kisah nabi Muhammad dan membaca surat al-Ahzab ayat 20-21 secara tartil. Sedangkan kelas VI mengikuti lomba Pildacil dan membaca surat al-Ahzab ayat 20-21. Dalam lomba ini siswa boleh memilih salah satu lomba.

Dongeng Kisah Nabi dan Talkshow

Menurutnya selain lomba yang diikuti siswa kelas I-VI, panitia juga mengadakan dongeng kisah Nabi Muhammad dan talkshow. Kegiatan dongeng diikuti siswa kelas I-III dan siswa TK sekitar.

“Dongeng kisah Nabi Muhammad ini dibawakan oleh Kak Rika. Dia adalah pendongeng dari Persaudaraan Pendongeng Muslim Indonesia. Dalam mendongeng Rika biasanya didampingi oleh boneka lucunya si Monyet,” jelasnya.

Sedangkan talkshow, ujarnya, diikuti kelas IV-VI dan dibuka untuk umum. Talkshow ini diisi oleh Ustadz Heru Kusumahadi Lc MPdI dari Surabaya.

“Semua lomba, dongeng, dan talkshow diadakan secara virtual dengan menggunakan Zoom. Siswa boleh memilih salah satu lomba tiap jenjang dan mendaftar di wali kelas masing-masing,” paparnya.

Khusus lomba tahfidh, menurutnya,  dan membaca surat al-Ahzab ayat 20-21, siswa yang sudah mendaftar akan diseleksi dulu di setiap kelas.

“Kemudian akan dilanjutkan ke babak final. Di babak final ini siswa melakukan lomba secara live Zoom. Sedangkan lomba kolase kaligrafi, menulis kisah Nabi Muhammad dan pildacil, siswa tinggal mengirim file dan foto kolase ke IG,” jelasnya.

Poster Lomba Maulid SDM 3 Ikrom

Aneka Lomba Siswa TK

“Selain mengadakan lomba untuk siswa SD, dongeng dan talkshow, Panitia Maulid juga mengadakan lomba mewarnai kaligrafi dan vlogging experiment sains lada dan air untuk siswa TK sekitar sekolah,” tambahnya.

Koordinator Lomba TK Diah Kartikawati SPd menuturkan untuk lomba TK ini, panitia mempersiapkan semua media yang dibutuhkan untuk lomba. Baik pendaftaran maupun tutorial experiment sains lada dan air.

Daftar Online

“Pendaftaran lomba secara online di http://bit.ly/gebyarmaulid2020. Siswa tinggal pilih salah satu lomba saja. Dan pendaftaran lomba  terakhir Rabu, 4 November 2020″, terangnya.

 

Dia menambahkan lomba vlogging dan kolase kaligrafi dilakukan di rumah bersama keluarga. Dimulai hari Senin-Kamis (9-12/11/2020) dan terakhir dikirim ke IG panitia lomba pada hari Jumat.

“Hasil rekapitulasi peserta lomba TK sampai Ahad (1/11/2020) sudah sebanyak 59 peserta. Peserta lomba vlogging berjumlah 17 siswa dan lomba mewarnai berjumlah 42 siswa,” rincinya.

Dia optimis dalam kondisi seperti ini peserta lomba masih banyak yang berminat. Dan kemungkinan terus bertambah. Selain itu mungkin juga sebagai hiburan anak-anak di rumah bersama keluarga selama masa pandemi.

Aplikasi Upload Foto

Untuk memeriahkan lomba Maulid Nabi ini, lanjutnya, panitia juga menyiapkan aplikasi untuk mengupload foto pribadi atau keluarga.

“Orangtua tinggal buka aplikasi https://twibbonize.com/LombaTKMaulidIkrom2020,  mengisi nama peserta dan lomba yang ingin diikuti  kemudian klik upload foto. Dan hasil upload foto tadi bisa dijadikan status,” tuturnya. (*)

Penulis Muhammad Nasikin. Co-Editor Sugiran. Editor Mohammad Nurfatoni.