•  

    Phone / Fax

    031-8538442, 031-8538431

    Fax : 031-8538431

  •  

    Jam Kerja

    Senin-Jum'at : 07.00 - 16.00

    Sabtu              : 07.00 - 12.00

Begini Kelas Virtual Preschool ICP SDM 3 Ikrom

Siswa preschool International Class Program mengikuti kelas virtual. Begini Kelas Virtual Preschool ICP SDM 3 Ikrom (Muhammad Nasikin/PWMU.CO)

Begini Kelas Virtual Preschool ICP SDM 3 Ikrom yang berlangsung setiap Sabtu selama Februari-April 2021.

PWMU.CO – Kelas Virtual Preschool International Class Program (ICP) Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDM) 3 Ikrom Wage, Taman, Sidoarjo, baru akan dimulai pukul 08.00. Namun beberapa siswa sudah bergabung di Zoom Clouds Meeting sejak pukul 07.30 WIB.

Sambil menunggu yang lain bergabung, mereka tampak asik melihat video Mars SDM Ikrom dan beberapa video kisah islami dalam bahasa Inggris.

Kelas Virtual Preschool ICP SDM 3 Ikrom, Sabtu (6/3/2021), itu akan mengulang beberapa materi sebelumnya, yaitu greetingintroductionalphabetsparts of bodynumbers, dan colors.

Tepat pukul 08.00 Evi Wulandari dan Aslimah, guru bahasa Inggris ICP, membuka kelas virtual.

“Assalamualaikum, good morning my students?” tanya Evi Wulandari dan Aslimah secara bersamaan.

“Waalaikumsalam, good morning teachers,” serentak siswa menjawab.

How are today?”

I’m fine.”

Evi Wulandari dan Aslimah kemudian memandu para siswa TK itu untuk berdoa bersama.

Before we study let’s pray together. (Sebelum kita belajar mari berdoa bersama).”

Radhiitu billahi rabbah wa bil islama dinan, wa bimuhammadin nabiiyya wa rasulah. Rabbii zidnii ilma wa zuqni fahma, amin ya rabbal alamin.”

Our god we will study now, please bless us. Thank you god, Amiin. (Ya Tuhan kami, kami akan belajar sekarang, berkahi kami. Amin).”

Today we will study together. Please prepare your pencil, eraser, scissor, ruler, and glue. (Hari ini kita akan belajar bersama. Silakan siapkan pensil, penghapus, gunting, penggaris dan lem kalian).”

“Hari ini kita akan review ya, mengulangi pelajaran yang lalu,” kata Aslimah.

Lalu dia meminta para siswa preschool itu membuka modul dan memandu untuk mengerjakannya.

Perschool Tiga Bulan

Koordinator ICP SDM 3 Ikrom, Nur Khofifah SHum, mengatakan, kegiatan dilakukan setiap hari Sabtu ini akan berlangsung selama tiga bulan, sejak Februari hingga April 2021.

Dia menjelaskan, pembelajaran ini ada dua tahap. Setiap tahap akan ada review. “Dan hari ini sudah masuk ke pertemuan ke-5, me-review materi sebelumnya. Kita me-review agar bisa melihat sejauh mana perkembangan dan penguasan materi anak-anak,” terannya.

Dengan adanya review ini, sambungnya, kita akan melakukan pemetaan dan drilling kepada anak-anak yang memerlukan bantuan dalam penguasaan materi dan penulisan.

“Materi yang kita ajarkan ke anak-anak sangat simple. Hanya mengenalkan bahasa Inggris dasar seperti geetingnumberalphabets, dan color,” jelas Ovi, sapaan akrab Nur Khofifah.

Menurut Ovi, pembelajaran preschool secara daring ini tidak mudah, erena harus menarik agar para siswa tidak bosan mengikutinya. Dia mengaku, untuk membuat pembelajaran menarik dari segi grafis, dia berkolaborasi dengan tim IT.

Dia berharap meskipun pembelajaran secara daring, siswa bisa memahami materi dengan baik dan menjadi bekal dasar mereka di kelas I di awal tahun ajaran baru mendatang,” ujar Koordinator ICP yang menggantikan Ratih Dwi Yuliawati di awal semester II ini. (*)

Penulis Muhammad Nasikin Editor Mohammad Nurfatoni

Sumber : https://pwmu.co/181858/03/07/begini-kelas-virtual-preschool-icp-sdm-3-ikrom/