•  

    Phone / Fax

    031-8538442, 031-8538431

    Fax : 031-8538431

  •  

    Jam Kerja

    Senin-Jum'at : 07.00 - 12.00

    Sabtu            : 08.00 - 12.00

Lagu Terima Kasih Ikrom Persembahan Wisudawan untuk Guru

PWMU.CO– Lagu Terima Kasih Ikrom menjadi persembahan spesial dari wisudawan SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage Sidoarjo yang digelar Ahad (20/6/2021).

Lagu ini ungkapan penghargaan murid terhadap gurunya yang direkam lantas diputar waktu acara wisuda. Bisa didengarkan di sini.

Ustadz Revi Yoga Alfiansyah, pelatih bina vokalia SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage menjelaskan, lagu itu asli karya siswa-siswi kelas 6 dan wali kelasnya. Mulai pembuatan lirik sampai nadanya.

Revi menerangkan, proses penciptaan lagu ini diawali dengan penyusunan lirik dengan penugasan wali kelas kepada anak-anak bulan Februari lalu. Murid membentuk kelompok kecil. Setiap anak diminta membuat satu kalimat ungkapan yang menggambarkan pengalamannya di SD Ikrom selama 6 tahun.

“Tulisan anak-anak ada yang singkat, ada yang panjang, ada yang bahasa Indonesia, ada pula yang berbahasa Inggris. Ada yang membahas pertemanan,suasana saat belajar. Bermacam-macam dan sangat bervariasi ekspresi anak-anak menggambarkan sekolahnya,” kata Revi.

 

Dari kalimat tersebut kemudian diseleksi oleh wali kelas karena ada yang sama. Dipilih kata yang tepat untuk menyusun lirik lagu. Setelah selesai barulah Sabtu (20/2/2021) proses penggarapan lagu ini memasuki tahap berikutnya, yakni pembuatan nada.

 

Pembuatan nadanya dikerjakan para ustadzah wali kelas 6. Ustadzah Sri Yuliana, wali kelas 6 Zahrawi, menuturkan, awalnya malu-malu menciptakan lagu. Takut salah. Setelah ditekadi ternyata membutuhkan waktu satu jam untuk mencocokkan nada.

”Harus bolak-balik mengulang untuk mencocokkan nada dengan liriknya. Sempat grogi juga karena ini pengalaman pertama pembuatan lagu,” jelasnya.

Namun akhirnya senang, produksi nada yang dihasilkan sangat luar biasa. Sempat terjadi diskusi arah lagu mau dibawa ke mana. Seperti pilihan sedih haru pakai tempo lambat, atau cepat ceria. Pilihan itu tempo demi lagu ini harus berkesan dan membekas di hati para pendengarnya.

Setelah ide, lirik, dan nada telah selesai ditemukan, sambung Yuliana, barulah di tahap akhir finalisasi lirik dan komposisi lagu. ”Tahap ini sedikit sulit karena materi lirik dari anak-anak dengan nada yang dibuat harus pas dan enak didengar. Hehebatan para ustadzah wali kelas yang begitu serius, akhirnya bisa menyempurnakan lirik dari lagu,” tandasnya.

 

Resensi Lagu

Bait pertama lagu ini menggambarkan anak-anak mengingat setiap kenangannya yang bermakna di SD Ikrom. Hingga tak terasa sudah waktunya berpisah.

Bait kedua lagu kenangan terhadap ustadz-ustadzah mengajar mulai ibadah hingga semua pelajaran. Para siswa berjanji terus mengamalkan ilmu-ilmu yang telah diajarkan sebagai bekal kehidupannya.

Di bait selanjutnya berisi ungkapan terima kasih kepada ustadz-ustadzah yang sabar, tulus, dan ikhlas membimbing anak-anak selama ini. Di bagian ini nada dan lirik menyentuh sekali.

Di bagian Reffrain, liriknya bercerita anak-anak bangga menjadi bagian dari keluarga besar SD Muhammadiyah 3 IKROM. Setelah itu bait ungkapan perpisahan kepada teman-teman seangkatan, dan pesan untuk tidak melupakan setelah berpisah. Enam  tahun bersama begitu membekas di hati.

 

Ada bagian Rap. Anak-anak memberikan penekanan ucapan terima kasih kepada ustadz-ustadzah atas semua jasa yang telah diberi.

Beginilah lirik dan lagunya.

Terima Kasih Ikrom

Setiap detik penuh makna

Setiap menit penuh tawa

Kini saatnya berpisah

Berjuta kenangan takkan ku lupa

Belajar menuntut ilmu

Beribadah tepat waktu

Akan selalu kuamalkan

Untuk bekal masa depanku

Reff

Terima kasih ustadz ustadzah telah membimbing kita semua dengan sabar, tulus dan ikhlas

Ikrom sekolah inovatif

Ikrom sekolah yang kreatif

Ikrom sekolah kompetitif

Ikrom sekolah yang menyenangkan

Meskipun telah berpisah

Di manapun kau berada

Rasa ini tetap ada

Saat kita belajar bersama

Kembali ke Reffrain

Terima kasih atas semua jasamu

Terima kasih atas semua bimbinganmu

Terima kasih atas ilmu yang kau beri

Akan selalu ku ingat.

Penulis Muhammad Nasikin  Editor Sugeng Purwanto

Sumber : https://pwmu.co/196978/06/24/lagu-terima-kasih-ikrom-persembahan-wisudawan-untuk-guru/