•  

    Phone / Fax

    031-8538442, 031-8538431

    Fax : 031-8538431

  •  

    Jam Kerja

    Senin-Jum'at : 07.00 - 12.00

    Sabtu            : 08.00 - 12.00

STUDI BANDING VIRTUAL SD MUHAMMADIYAH PK SOLO DI SD MUH 3 IKROM WAGE

Rabu, 9 September 2021 SD MUH 3 IKROM Wage menerima studi banding virtual dari saudara tua kita, yakni SD MUH PK Solo. Kita sebut saudara tua karena usia dari SD MUH PK Solo 5 tahun lebih tua dari usia SD MUH 3 IKROM Wage yang saat ini genap berusia 16 tahun, sedangkan SD MUH PK Solo berusia 21 tahun.

 Studi banding virtual ini berlangsung selama dua jam penuh mulai pukul 10.00 sampai 12.00, yang bertujuan untuk menggali tentang kesiapan SD MUH 3 IKCROM wage dalam menyongsong ujian Assessemen Kompetensi Minimum (AKM). Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa ketika PWM mengadakan webinar menyongsong AKM, SD MUH 3 IKROM yang didapuk untuk memberikan  sekilas penjelasan tentang AKM yang saat itu diwakili oleh ustd Sonah M.Pd selaku Kepala Sekolah SD MUH 3 IKROM wage.

Dalam studi banding virtual ini SD MUH PK Solo menggali informasi terkait persiapan apa saja yang telah dilakukan oleh SD MUH 3 IKROM Wage, apa saja tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan baik, siswa, guru dan sekolah dalam menyonsong AKM nanti.

Ustd Sonah selaku Kepala Sekolah SD MUH 3 IKROM Wage didampingi ustd Nur Suciati selaku Waka Kurikulum menjelaskan hal-hal apa saja yang telah dilakukan sejauh ini untuk mempersiapkan siswa, guru dan perangkat sekolah agar siap menyongsong AKM. Hal yang terpenting menurut ustd Sonah adalah, bagaimana mengenalkan kepada siswa mulai kelas 1 sampai kelas 6 untuk mengetahui tipe dan model soal AKM baik yang literasi ataupun numerasi,  hal ini untuk melatih dan membiasakan siswa mengerjakan soal-soal mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks sesuai dengan model soal AKM, mengajak siswa dan guru untuk aktif berlatih soal yang telah disiapkan di PUSPENJAR, selain berlatih soal yang diberikan oleh guru pengajar di kelas masing-masing.

 

SD MUH PK Solo juga banyak menggali informasi seputar penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SD MUH 3 IKROM bagaimana mengatur sirkulasi kedatangan dan kepulangan siswa agar tidak terjadi kerumunan, berapa jumlah siswa di setiap kelasnya, berapa jam pelajaran dalam sekali tatap muka.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah dengan adanya sudi virtual ini, SD MUH 3 IKROM juga bisa saling berbagi ilmu dan informasi tentang bagaimana proses pembelajaran di SD MUH PK Solo, menambah saudara untuk bisa saling menjaga silaturrahim.

Harapan kedepannya dari SD MUH 3 Solo, studi virtual ini bisa berlanjut menjadi studi banding secara offline di lain kesempatan, sehingga bisa benar-benar saling belajar secara real di lapangan, pun MUH PK Solo berharap nantinya bisa saling berkolaborasi mengadakan latihan bersama menyelesaikan soal-soal yang berbasis AKM. Semoga, Aamin Ya Rabbal Alamiin.