•  

    Phone / Fax

    031-8538442, 031-8538431

    Fax : 031-8538431

  •  

    Jam Kerja

    Senin-Jum'at : 07.00 - 12.00

    Sabtu            : 08.00 - 12.00

Melatih Public Speaking Melalui Kegiatan Student Fair

kutipannews.com – SD Muhammadiyah 3 IKROM berusaha berinovasi dalam membuat sebuah kegiatan. Salah satu yang terbaru adalah kegiatan Student Fair. Kegiatan tersebut merupakan pembelajaran berbasis proyek dengan tema “Aku Siap Menyongsong Era 4.0″. Dalam kegiatan ini semua siswa-siswi dari kelas 1 sampai kelas 6 diwajibkan membuat sebuah karya proyek yang nantinya akan di presentasikan dan dilombakan. Hasil karya proyek yang dibuat dan dipresentasikan berbeda tema dari setiap jenjang kelasnya. Dalam pembuatan proyek, siswa-siswi dibimbing oleh wali kelas masing-masing selama 8 minggu. Hasil karya proyek di presentasikan di kelas masing-masing pada tanggal 15 sampai 20 September 2021.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 3 IKROM (SDM 3 IKROM) Sonah, M.Pd menyatakan “Student Fair merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage sebagai wadah anak didiknya mempresentasikan hasil proyek agar potensi dalam bidang akademik dan non akademik berkembang,” ujarnya. Dengan menerapkan prokes yang ketat, presentasi dilakukan secara offline atau tatap muka dengan dibagi sesi tiap jamnya. Selain itu, penjurian di kelas juga di lakukan secara live dengan media zoom atau goggle meet dengan harapan orang tua bisa melihat dan mendukung anak-anak mereka ketika tampil presentasi. Dalam penilainnya setiap wali kelas memilih 3 peserta terbaik untuk melaju di babak grand final yang diadakan tanggal 21-22 september 2021. Panitia kegiatan Student Fair Ustadzah Yani menyampaikan, kegiatan ini diawali dengan bimbingan project, babak penyisihan, dan babak final. “Siswa-Siswi sangat antusias, mereka banyak bertanya mengenai pembuatan proyek di jenjang masing masing. Hasil karya anak anak diluar dugaan, sangat bagus dan beragam” ungkap Yani.

Setelah proses penjurian yang dilakukan setiap kelas masing-masing, maka 3 anak yang lolos dari setiap kelas berhak melaju di babak Grand final yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2021 untuk jenjang kelas 1, 2 dan 3. Pada tanggal 22 september 2021 untuk jenjang kelas 4,5,6. Laili Rohmah salah satu wali murid dari Khawas Zidan kelas 1 Shaffa mengatakan, “kegiatan Student Fair sangat edukatif dan dapat melatih anak-anak untuk kreatif. Semoga setiap tahun selalu diadakan kegiatan ini” kata Laili. Dalam babak grand final ini dilakukan secara offline untuk para peserta yang lolos dan ditayangkan juga secara live melalui media zoom. Penjurian dilakukan lebih ketat dengan penilaian dari dewan juri dari luar lingkup sekolah yaitu ibu Rika Haryani, M.Pd seorang Trainer dan konsultan Pendidikan dan Ibu Duhwi Indartiningsih, M.Pd seorang Trainer Matematika.

Ada hal yang luar biasa ketika babak Grand Final ini dimana para anak hebat SD Muhammadiyah 3 IKROM turut lolos dan berkompetisi secara langsung dengan anak yang lain. SD Muhammadiyah 3 IKROM yang berstandar sekolah inklusi selalu mengikutsertakan para anak hebat dalam seluruh kegiatan untuk menunjang bakat dan kreativitasnya. Bahkan ada momen dimana salah satu peserta anak hebat Anindya Rengganis Pramitha Putri siswa hebat dari kelas 5 berpresentasi dengan bahasa campuran yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang, penampilannya pun membuat kagum para dewan juri, ustad-ustadzah dan semua yang hadir di lokasi acara. Ibu Duhwi Indartiningsih, M.Pd selaku dewan juri mengatakan “pembelajaran di abad 21 merupakan pembelajaran yang mampu mengolaborasikan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Tujuannya agar mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kecakapan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik antara lain Learning skill atau keterampilan belajar” ungkap Duhwi.

Pengumuman pemenang tidak diumumkan secara langsung setelah babak grand final selesai, tapi diumumkan saat kegiatan Webinar Parenting bersama narasumber Dik Doank seorang Public Figure dan pendiri Sekolah Alam Kandank Jurank Doank pada tanggal 25 September 2021. Koordinator kegiatan Student Fair Ustadzah Suci mengungkapkan besar harapan kami untuk anak-anak dan orang tua semua, termasuk anak-anak yang lolos di babak grand final kegiatan Student Fair juga turut serta dalam webinar parenting yang disampaikan oleh Dik Doank. “Webinar tersebut bertujuan untuk memperkaya ilmu, pengalaman dan pengetahuan. Intinya sambil menunggu hasil pemenang Student Fair kita belajar dulu bersama Dik Doank” ujarnya. (ptt/han)

Sumber : https://kutipannews.com/jawa-timur/2021/melatih-public-speaking-melalui-kegiatan-student-fair/