•  

    Phone / Fax

    031-8538442, 031-8538431

    Fax : 031-8538431

  •  

    Jam Kerja

    Senin-Jum'at  : 07.00 - 16.00

    Sabtu            : 07.00 - 12.00

MARWA (MASA ORIENTASI SISWA) 2022

MARWA 2022

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi agenda tahunan sekolah yang selalu dinantikan oleh guru dan siswa setelah menjalani libur semester.

Itulah yg terlihat di SD MUHAMMADIYAH 3 IKROM WAGE saat proses penyambutan kedatangan siswa di sekolah. Terlihat beberapa orang tua berusaha untuk meramaikan kegiatan MPLS atau yang disini dikenal dengan MARWA (Masa Orientasi Siswa) dengan mengantarkan mereka hingga ke depan gerbang sekolah. Di depan gerbang telah disambut oleh puluhan warga sekolah yang telah siap menyambut siswa baru sejak pagi. Siswa SD MUHAMMADIYAH 3 IKROM WAGE dengan berseragam  PDS (Pengembangan Diri Siswa) seperti tari, dokcil, tapak suci, HW, hingga seni melukis pun ikut berpartisipasi menyambut seluruh siswa yang akan mengikuti kegiatan MARWA hari itu tanggal 18 Juli 2022.

Kegiatan dimulai dengan sambutan yang langsung diberikan oleh kepala sekolah SD MUHAMMADIYAH 3 IKROM WAGE yaitu ustazah Sonah, M.Pd. Sambutan dilakukan di 2 tempat secara bersamaan. Kelas 1 & 2 bersama kepala sekolah berada di IKROM sport dan kelas 3-6 bersama wali kelasnya masing-masing di masjid Al Ikrom. Nampak sorak sorai kebahagiaan siswa yang terpancar saat kepela sekolah mengajak siswa berkenalan dan sedikit memperkenalkan sekolah. Tujuan dijadikannya satu antara siswa kelas 1 dan 2 antara lain ialah untuk langsung memberi pesan kepada "si adek" dan " si kakak". Beliau berkata kepada siswa kelas 1 "mau punnya kakak kelas yang seperti apa?" dijawab langsung oleh siswa kelas 1 dengan kata "yang baik..". Begitupun sebaliknya saat ditanya pertanyaan yang sama kepada "si kakak".

Pada hari kedua, Selasa tanggal 19 Juli 2022 acara MARWA masih berlanjut karena kegiatan ini direncanakan terlaksana selama 3 hari hingga hari Rabu 20 Juli 2022. Setelah melakukan pembiasaan pagi di kelas dengan berdoa dan melafalkan janji pelajar Muhammadiyah, siswa kelas 1 langsung dibawa ke IKROM sport untuk melaksanakan kegiatan senam pagi. Diharapkan dari senam pagi ini siswa tidak merasa bosan apabila terlalu lama berada di kelas, mengingat mereka masih masa awal melakukan adaptasi dengan kegiatan sekolah yang ada di SD MUHAMMADIYAH 3 IKROM WAGE. Tentunya hal ini selain melatih motorik anak, juga mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya di masa covid 19 ini yang masih belum usai.

Tidak berhenti pada kegiatan senam pagi, setelah jeda sebentar untuk istirahat para siswa diminta berbaris dengan kelasnya masing-masing. Kelas mereka yaitu ada 1 shaffa, 1 marwah, 1 mina, dan kelas ICP yaitu 1 Indonesia. Si adek-adek kecil ini dibuat bingung ketika ustad dan ustazahnya mulai menggelar kain putih besar. Namun mulai ada yang bisa menebak saat sudah dikeluarkan cat finger painting yang berwarna-warni. "Ini mau melukis apa us?" tanya beberapa siswa kelas 1 yang berusaha menebak. Ketika persiapan telah selesai, anak-anak diminta secara bergantian mencelupkan tangannya di dalam cat finger painting kemudian meletakkan telapak tangannya yang telah penuh dengan cat warna-warni tersebut diatas kain putih besar tadi. Menurut ketua panitia kegiatan MARWA tahun ini, Lazuardi Rahman atau yang akrab dipanggil ustad ardi ini diharapkan dapat menjadi awal para siswa menorehkan tinta warna-warni prestasi saat bersekolah di SD MUHAMMADIYAH 3 IKROM WAGE. Seperti tema kegiatan MARWA pada tahun ini yaitu "Menjadi mandiri, awal raih prestasi".

SD MUHAMMADIYAH 3 IKROM WAGE yang memiliki slogan "Islami dan Berprestasi" ini bukan hanya sekedar kata-kata. Pada hari ketiga kegiatan MARWA, dimana siswa sudah mulai dibiasakan untuk pulang pukul 14.00 tentu melewati waktu untuk melaksanakan sholat dhuhur. Selain pembiasaan berdoa dan melafalkan janji pelajar Muhammadiyah, di pagi hari siswa sudah diajarkan untuk membiasakan diri melaksanakan sholat dhuha, dan sholat dhuhur di siang harinya. Disini walaupun masih banyak yang belum bisa tertib melaksanakan sholat, namun pada hari ketiga ini siswa kelas 1 dilatih dengan kebiasaan baru tersebut dengan baik, wudhu pun masih diajarkan melalui nyanyian dan tepuk tangan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menanamkan pribadi yang islami sejak dini, dan tentu menyesuaikan dengan tingaktan umurnya. Semoga dengan terlaksananya kegiatan MARWA selama 3 hari ini, seluruh bekal yang telah diberikan dapat menjadi awal anak-anak kita menjadi pribadi yang mandiri, hingga nanti mampu meraih prestasi di bidangnya masing-masing.